Oleh ; Eman Suherman, S.Pd.I (Biro Kerohanian). –

Manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, dan dilahirkan seorang diri dari rahim seorang ibu, terlahir tanpa mengenal siapapun, Namun walaupun demikian manusia dalam hidupnya selalu membutuhkan orang lain, Karena manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan yang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk dapat berinteraksi dengan yang lain maka manusia harus saling mengenal satu sama lain yang disebut berta’aruf.

Yang dimaksud ta’aruf dalam Al-Qur’an ialah mengajak untuk saling mengenal antara satu dengan yang lain, baik hidup dalam lingkup keluarga,berorganisasi maupun dalam bermasyarakat, jadi konsep bertaaruf semakin kita mengenal orang lain maka kita akan semakin paham dan mengerti akan kualitas dan kuantitas orang tersebut.. Islam mengajarkan kita untuk memperbanyak silaturahmi bukan hanya kesesama muslim saja tetapi kita harus menjalin hubungan baik juga kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia.

Firman Allah Swt. (Qs. Al’Hujarat 13)

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

“ Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha teliti.”

Atas dasar ayat tersebut di atas maka dengan berorganisasi kita bisa saling mengenal serta  bisa mendidik dan juga mendewasakan diri. Mengapa seperti itu? Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Manusia hidup didunia sangatlah membutuhkan orang lain, tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Dapat disimpulkan bahwa sangatlah penting kita berinteraksi dengan manusia lain salah satu caranya dengan berorganisasi terlebih di PGRI.karena di dalamnya kita bisa saling tolong menolong diantara sesama.. Sebagaimana Firman Allah SWT. didalam surah Al-Maidah ayat 2 :

وَتَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ‌ ۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ شَدِيۡدُ الۡعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.”

Lalu cara membangun organisasi bagaimana? Cara mebangun Organisasi didalamnya terdapat tiga hal yaitu; “keikhlasan, kebersamaan dan pengorbanan.” Selain dari pada itu Kemudian terdapat unsur-unsur yang dapat dijadikan landasan bagi terbentuknya budaya organisasi. Antara lain  yaitu :

1. Pendirian
2. Sikap
3. Perilaku

Kemudian di dalam keOrganisasian harus memiliki Karakteristik budaya Agama  antara lain adalah ;
• Bekerja merupakan “ibadah”
• Bekerja dengan azas manfaat dan maslahat
• Bekerja dengan mengoptimalkan kemampuan akal dan fikiran sehat
• Bekerja dengan keyakinan dan optimistic
• Bekerja dengan memperhatikan unsur kehalalan dan menghindari unsur keharaman (yang dilarang syariah)

Maka dari itu Konsep budaya organisasi secara islami yaitu hal yang sangat penting dan harus disadari oleh sebuah organisasi yang baik dengan kepemimpinan yang baik, juga harus disertai dan ditanamkan dengan nilai-nilai yang diyakini oleh setiap elemen organisasi baik atasan maupun bawahan. Tentu nilai-nilainya adalah keislaman atau Agama.

Dalam sebuah organisasi harus mempunyai prinsip Antara lain yaitu Perumusan dan tujuan organisasi ,Kesatuan arah organisasi , Pendelegasian wewenang dan tanggung jawab organisasi   

Secara sederhana, organisasi merupakan suatu wadah guna menampung aspirasi, pikiran, serta pendapat dari anggota yang lain untuk mencapai tujuan bersama. Dengan melibatkan diri kita dalam organisasi PGRI kita dapat membantu menyumbangkan buah fikiran dalam sebuah tindakan untuk membangun sebuah sistem keanggotaan yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-sunnah. Dengan begitu membantu terwujudnya modal memajukan pendidikan dan kesejahtraan anggota  yang benar-benar beradab dan berkualitas yang akan berjuang untuk Indonesia Maju yang di Ridhoi Allah Swt..